Friday 3 November 2017

[Kunci Jawaban] Jelaskan macam-macam termometer!

Pertanyaan:
Jelaskan macam-macam termometer!

(Soal Latihan Bab Suhu dan Perubahannya Mata Pelajaran IPA BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 1 Kelas 7, Kemendikbud)

Jawaban:
1. Termometer Raksa
Termometer raksa merupakan pipa kapiler kaca tertutup yang diisi dengan cairan raksa. Ideal digunakan untuk mengukur suhu yang sangat tinggi.

2. Termometer Alkohol
Termometer alkohol merupakan pipa kapiler kaca tertutup yang diisi cairan alkohol yang biasanya diberi pewarna merah. Idela digunakan untuk mengukur suhu yang sangat rendah.

3. Termometer Bimetal
Termometer bimetal dibentuk dari dua buah logam yang memiliki koefisien muai yang berbeda, berbentuk melengkung seperti huruf "U". Ketika terkena panas, bimetal akan meregang, menarik kawat dan menggerakan jarum penunjuk ke suhu yang sesuai.

4. Termometer Digital
Termometer digital merupakan termometer dengan tingkat keakuratan yang cukup tinggi, terbuat dari sensor panas yang dihubungan dengan perangkat elektronik dan layar digital untuk menunjukkan nilai suhu yang terukur oleh sensor.

5. Termometer Infra Merah
Termometer infra merah yang didesain dengan tingkat keakuratan tinggi, mudah digunakan, dan paling aman. Terdiri dari sensor sinar laser, perangkat elektronik, dan layar digital untuk menunjukkan hasil pengukuran.

Gambar 1. Termometer alkohol


Gambar 2. Termometer raksa

Gambar 3. Termometer bimetal

Gambar 4. Termometer digital

Gambar 5. Termometer infra merah

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
Website: www.rofaeducationcentre.com
loading...
loading...

0 komentar: