Friday 28 October 2016

[Kunci Jawaban] Jika salah satu organ penyusun sistem mengalami kerusakan, apa yang terjadi dengan sistem organ tersebut? Dapatkah sistem organ tersebut berfungsi dengan baik?

Pertanyaan
1. Jika salah satu organ penyusun sistem mengalami kerusakan, apa yang terjadi dengan sistem organ tersebut? Dapatkah sistem organ tersebut berfungsi dengan baik?
a. Bagian sel yang manakah menjadi penentu sel ini menjadi sel hidup atau sel mati?
b. Apa yang terjadi bila organ yang ditunjuk dengan huruf (I) tidak berfungsi dengan baik?
c. Bagian manakah yang disebut dinding sel? Mengapa sel ini memiliki dinding sel?
(Soal No. 1 Uji Kompetensi Bab Sistem Organisasi Kehidupan Mahluk Hidup Mata Pelajaran IPA BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 2 Kelas 7, Kemendikbud)

Jawaban:
1. Sistem organ merupakan kumpulan organ yang saling bekerjasama satu sama lain. Apabila salah satu organ penyusun sistem organ mengalami kerusakan, maka sistem organ itu tidak akan berfungsi dengan baik. Contoh pada sistem organ pencernaan, apabila terjadi kerusakan atau gangguan pada lambung maka proses pencernaan tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

a. Bagian sel yang menjadi penentu sel hidup atau sel mati adalah inti sel (nukleus). Ketika inti sel mati, maka seluruh komponen sel akan mati.

b. Tanda panah yang ditunjukkan oleh huruf I  menunjukkan organel plastida yang didalamnya tersusun dari kloroplas. Apabila kloroplas tidak berfungsi dengan baik maka akan mengganggu proses fotosintesis dan sintesis asam-asam lemak dalam sel.

c. Bagian yang menunjukkan dinding sel ditunjukkan oleh huruf J. Dinding sel berfungsi untuk:
1) Melindungi sel
2) Memberikan bentuk sel
3) Transportasi zat yang dibutuhkan sel

Gambar 1. Struktur inti sel

Gambar 2. Struktur plastida

Gambar 3. Struktur dinding sel

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
loading...
loading...

0 komentar: