Saturday 25 February 2017

[Kunci Jawaban] Lapisan atmosfer yang memiliki tekanan paling rendah adalah ....

 Pertanyaan:
2. Lapisan atmosfer yang memiliki tekanan paling rendah adalah ....
A. Troposfer
B. Mesosfer
C. Eksosfer
D. Stratosfer

(Soal No. 2 PG Bab Lapisan Bumi BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 2 Kelas 7, Kemendikbud)


Jawaban:
C. Eksosfer

Alasan:
Troposfer adalah lapisan pada level terendah bumi yang tebalnya kira-kira sampai dengan 10 kilometer di atas permukaan bumi.

Mesosfer adalah lapisan udara ketiga, di mana suhu atmosfer akan berkurang dengan pertambahan ketinggian hingga ke lapisan keempat, termosfer.

Eksosfer adalah lapisan tertinggi atau terluar pada atmosfer bumi. Lapisan ini terletak di atas lapisan Termosfer (Ionosfer). Eksosfer berada pada ketinggian lebih dari 400 km -1000 km di atas permukaan bumi. 

Stratosfer adalah lapisan kedua dari atmosfer bumi, terletak di atas troposfer dan dibawah mesosfer. Ketebalannya sekitar 15-55 km. Di lapisan ini terdapat lapisan ozon yang terbentuk pada ketinggian 20 km.

Kesimpulan:  Makin rendah suatu tempat, makin besar tekanannya. Sebaliknya, makin tinggi suatu tempat, makin rendah tekanannya. Penyebabnya adalah, semakin tinggi suatu tempat maka makin sedikit beban udara dari bagian atas yang ditanggung oleh udara di bawahnya. Udara yang berada di bawah tidak memberikan sumbangan pada tekanan di tempat itu. Tekanan udara di suatu tempat hanya ditentukan oleh udara di bagian atas tempat tersebut.

Gambar 1. Lapisan atmosfer

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
loading...
loading...

0 komentar: