Saturday 15 April 2017

[Kunci Jawaban] Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama? Uraikan alasanmu!

Pertanyaan:
1. Perhatikan susunan tanah pada botol berikut ini!


Jika kedua botol itu ditanami tumbuhan dengan jumlah yang sama dan ketersediaan air yang sama. Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama? Uraikan alasanmu!

(Soal No. 1 Essay Bab Tanah dan Keberlangsungan Hidup BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 2 Kelas 9, Kemendikbud)


Jawaban:
Tumbuhan pada botol A akan tumbuh dengan lebih subur dalam waktu yang lama karena akar akan tumbuh di lapisan tanah lempung yang memiliki kandungan unsur hara yang tinggi, yang ditbituhkan oleh tumbuhan. Selain itu tanah lempung lebih mudah ditembus oleh akan dan tumbuhan juga akan mendapat pasokan air yang cukup, karena air akan tertahan di lapisan tanah pasir dan tanah lempung karena tertahan oleh lapisan tanah liat di bagian bawah. 

Sedangkan pada botol B tumbuhan tidak akan tumbuh dengan baik, karena lapisan tanah paling atas merupakan lapisan tanah liat, yang miskin unsur hara, sulit ditembus akar, dan sulit ditembus air. Akibatnya tumbuhan akan kekurangan unsur hara, lalu air akan menggenang di bagian atas sehingga bisa membuat akar tanaman menjadi busuk dan mati.

Berikut perbedaan antara tanah pasir, tanah lempung, dan tanah liat:

Tanah Pasir: ukuran partikelnya relatif paling besar antara jenis tanah lainnya, tidak baik bagi pertanian, mudah menyeraap air, terbentuk dari pelapukan batuan beku, miskin organisme dan zat hara.

Tanah Lempung: ukuran partikel tanahnya antara tanah pasir dan tanah liat, relatif agak mudah menyerap air, terdapat zat organisme.

Tanah Liat: ukuran partikelnya relatif lebih kecil dibandingkan jenis tanah lainnya, terbentuk dari pelapukan batuan silika oleh asam karbonat, sulit menyerap air, tidak terdapat organisme di dalamnya.

Tanah Lempung Berpasir: merupakan campuran antara tanah lempung yang porsinya lebih banyak dengan pasir, relatif mudah menyerap air, terdapat zat organisme.


Gambar 1. Diagram segitiga tekstur tanah

Gambar 2. Struktur lapisan tanah

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
loading...
loading...

0 komentar: