Thursday 25 May 2017

[Kunci Jawaban] Pada kasus perenang tersebut, air mendorong maju perenang itu untuk mengatasi gesekan yang dijumpainya. Fakta tersebut disebabkan oleh....

Pertanyaan:
10. Perhatikan gambar berikut ini!
Pada kasus perenang tersebut, air mendorong maju perenang itu untuk mengatasi gesekan yang dijumpainya. Fakta tersebut disebabkan oleh....

A. besar perbandingan gaya aksi dan reaksi bekerja pada benda yang berbeda adalah tidak sama, sehingga perenang yang massanya jauh lebih kecil daripada massa satu kolam air akan mengalami percepatan lebih kecil daripada percepatan air tersebut.

B. besar perbandingan gaya aksi dan reaksi bekerja pada benda yang berbeda adalah tidak sama, sehingga perenang yang massanya jauh lebih kecil daripada massa sekolam air akan mengalami percepatan lebih besar daripada percepatan air tersebut.

C. besar perbandingan gaya aksi dan reaksi bekerja pada benda yang berbeda adalah sama, namun perenang yang massanya jauh lebih kecil daripada massa sekolam air akan mengalami percepatan lebih besar daripada percepatan air tersebut.

D. besar perbandingan gaya aksi dan reaksi bekerja pada benda yang sama adalah sama, namun perenang yang massanya jauh lebih kecil daripada massa sekolam air akan mengalami percepatan lebih kecil daripada percepatan air tersebut.

(Soal No. 8 PG Bab Gerak pada Mahluk Hidup dan Benda BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 1 Kelas 8, Kemendikbud)


Jawaban:
C. besar perbandingan gaya aksi dan reaksi bekerja pada benda yang berbeda adalah sama, namun perenang yang massanya jauh lebih kecil daripada massa sekolam air akan mengalami percepatan lebih besar daripada percepatan air tersebut.

Alasan:
Gambar pada soal di atas merupakan salah satu fenomena yang dapat dijelaskan dengan menggunakan hukum III Newton, atau sering disebut juga sebagai hukum aksi-reaksi. Hukum III Newton menyatakan bahwa jika benda 1 memberikan gaya pada benda 2, maka pada saat yang sama, benda 2 memberikan gaya pada benda 1. Besar kedua gaya sama, tetapi arah kedua gaya berlawanan. Salah satu gaya disebut aksi, gaya lainnya disebut reaksi.

Pada saat perenang berenang, gaya dorongan tangan ke belakang dinamakan sebagai gaya aksi, maka sesuai hukum III newton, akan ada "balasan" berupa gaya reaksi dari air ke tangan manusia, yang besar gayanya sama besar. Karena besarnya gaya reaksi yang dihasilkan besarnya melebihi gaya halang air, maka perenang bisa melaju ke depan.
Gambar 1. Ilustrasi fenomena hukum III Newton

Gambar 2. Persamaan hukum III Newton

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
loading...
loading...

0 komentar: