Sunday 11 June 2017

[Kunci Jawaban] Nyamuk merupakan salah satu serangga yang mengalami metamorfosis sempurna. Jika Andi ingin mencegah reproduksi nyamuk yang ada di lingkungan rumahnya,

Pertanyaan:
4. Nyamuk merupakan salah satu serangga yang mengalami metamorfosis sempurna. Jika Andi ingin mencegah reproduksi nyamuk yang ada di lingkungan rumahnya, maka pada tahapan manakah yang harus diberi perlakuan oleh Andi? Jelaskan jawabanmu!

(Soal No. 4 Essay Bab Reproduksi pada Tumbuhan dan Hewan BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 1 Kelas 9, Kemendikbud)

Jawaban:
Pemberantasan populasi nyamuk agar efektif dan efisien harus dilakukan pada awal mata rantai nyamuk, yaitu pada saat nyamuk berada pada fase larva (jentik). Hal ini dilakukan karena nyamuk dewasa bergerak dengan cara terbang sehingga sulit dibasmi. Penggunaan asap untuk membenuh nyamuk dewasa sangat tidak efektif, karena beresiko meracuni manusia. Selain itu satu ekor nyamuk betina bisa menghasilkan 100-300 telur. Membunuh nyamuk dalam bentuk larva akan lebih efektif, karena larva akan berkumpul banyak di air yang tenang. Sehingga mudah dibasmi dengan teknik paling sederhana, yaitu 3M (menguras, menutup, dan mengubur).

Gambar 1. Proses metamorfosis nyamuk.

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
loading...
loading...

0 komentar: