Sunday 4 June 2017

[Kunci Jawaban] Pada suatu pengamatan percobaan tentang fotosintesis ditemukan data sebagai berikut. Setelah ditetesi iodium, dan kondisinya seperti gambar dibawah ini.

Pertanyaan:
4. Pada suatu pengamatan percobaan tentang fotosintesis ditemukan data sebagai berikut. Setelah ditetesi iodium, dan kondisinya seperti gambar dibawah ini.
a. Jelaskan pada bagian daun yang mana terjadi fotosintesis dan buktikan berdasarkan data pengamatan tersebut!
b. Apa fungsi dari memasukan daun yang akan diuji pada air yang mendidih?
c. Apa fungsi dari penggunaan alkohol dalam proses pengujian daun yang mengalami fotosintesis?

(Soal No. 4 Essay Bab Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 1 Kelas 8, Kemendikbud)


Jawaban:
Perhatikan gambaran ilustrasi prosedur percobaan yang dilakukan pada soal:
Fungsi lugol atau yodium pada percobaan di atas adalah untuk membuktikan apakah proses fotosintesis menghasilkan amilum (polisakarida) atau tidak. Apabila suatu sampel positif mengandung amilum, maka warna sampel tersebut akan berubah menjadi biru tua ketika ditetesi lugol atau yodium.  Sehingga kita bisa memberikan jawaban:

a.  Fotosintesis terjadi pada bagian daun yang tidak ditutup. Pada bagian daun berwarna biru tua terjadi proses fotosintesis
b.  Fungsi dari memasukkan daun yang akan diuji pada air yang mendidih adalah untuk mematikan sel-sel pada daun, sehingga membran dan dinding sel menjadi rusak. Supaya klorofil mudah dilarutkan klorofinya jika dimasukkan dalam alkohol pada tahap selanjutnya.
c. Fungsi dari penggunaan alkohol dalam proses pengujian daun yang mengalami fotosintesis adalah untuk melarutkan klorofil yang ada pada daun agar tidak mengganggu hasil pengamatan.

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
loading...
loading...

0 komentar: