Tuesday 25 July 2017

[Kunci Jawaban] Anwar ingin memisahkan air dan alkohol dalam suatu larutan. Dalam hal ini Anwar ingin memisahkan air dan alkohol berdasarkan titik didihnya. Cara yang tepat untuk memisahkan air dan alkohol adalah ....

Pertanyaan:
Anwar ingin memisahkan air dan alkohol dalam suatu larutan. Dalam hal ini Anwar ingin memisahkan air dan alkohol berdasarkan titik didihnya. Cara yang tepat untuk memisahkan air dan alkohol adalah ....
A. Filtrasi
B. Dekantasi
C. Kromatografi
D. Destilasi

(Soal UN IPA SMP Tahun 2016/2017, Kemendikbud)

Jawaban:
D. Destilasi

Alasan:
Filtrasi adalah suatu metode pemisahan campuran dengan dengan menggunakan kertas saring, membran atau lapisan penghalang lainnya yang memanfaatkan prinsip perbedaan ukuran partikel zat terlarut dan pelarut. Partikel zat terlarut yang lebih besar ukurannya dari partikel pelarut akan tersaring.

Dekantasi adalah proses memisahkan campuran dengan cara mengendapkan zat terlarut yang memiliki berat jenis lebih besar dibandingkan zat pelarut.

Kromatografi adalah teknik pemisahan molekul berdasarkan perbedaan pola pergerakan antara fase gerak dan fase diam untuk memisahkan komponen (berupa molekul) yang berada pada larutan.

Destilasi adalah teknik pemisahan campuran dengan memanfaatkan perbedaan titik didih antara zat terlarut dan pelarut. Zat yang titik didihnya lebih rendah akan berubah fase dari cair menjadi gas, sehingga akan terpisah dengan zat yang memiliki titik didih lebih tinggi.

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
loading...
loading...

0 komentar: