Saturday 11 November 2017

[Kunci Jawaban] Pada saat berolahraga, kamu mengubah energi kimia makanan menjadi energi untuk gerak dan energi panas. Pada saat itu, kamu berkeringat. Mengapa dengan berkeringat suhu tubuh kamu tetap stabil? Coba jelaskan!

Pertanyaan:
Pada saat berolahraga, kamu mengubah energi kimia makanan menjadi energi untuk gerak dan energi panas. Pada saat itu, kamu berkeringat. Mengapa dengan berkeringat suhu tubuh kamu tetap stabil? Coba jelaskan!

(Soal Latihan Bab Kalor dan Perpindahannya Mata Pelajaran IPA BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 1 Kelas 7, Kemendikbud)

Jawaban:
Manusia merupakan mahluk hidup berdarah panas yang harus selalu mempertahankan suhu tubuhnya pada suhu 37 derajat Celcius agar tetap bertahan hidup. Ketika kita sedang berolahraga, tubuh kita akan menghasilkan energi panas yang berlebih akibat dari aktivitas kerja otot. Untuk membuang panas berlebih tersebut, otak mengirimkan pesan agar kelenjar keringat mengeluarkan keringat. Keringat yang dihasilkan tubuh akan menyerap panas berlebihan yang dihasilkan tubuh saat berolahraga. Hal ini membantu proses pendinginan dan mempertahankan tubuh pada suhu optimal.

Gambar 1. Ilustrasi tubuh yang berkeringat pada saat berolahraga.

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
Website: www.rofaeducationcentre.com
loading...
loading...

0 komentar: