Sunday 12 November 2017

[Kunci Jawaban] Semangkok air dan semangkok alkohol yang ukurannya sama diletakkan di atas meja di dekat jendela pada siang hari yang cerah. Beberapa jam kemudian ternyata volume kedua zat cair itu berkurang.

Pertanyaan:
3. Semangkok air dan semangkok alkohol yang ukurannya sama diletakkan di atas meja di dekat jendela pada siang hari yang cerah. Beberapa jam kemudian ternyata volume kedua zat cair itu berkurang. Namun alkohol lebih banyak berkurang dibandingkan dengan air. Manakah penjelasan yang paling tepat terhadap kejadian itu? Pilih yang paling tepat dan jelaskan!
a. Semua cairan menguap.
b. Alkohol mendapatkan kalor yang lebih banyak daripada air.
c. Zat cair tertentu menguap lebih cepat dibandingkan dengan jenis zat cair yang lain.
d. Zat cair hanya menguap saat hari cerah.
e. Air lebih panas dibandingkan dengan alkohol.

(Soal No. 3 Uji Kompetensi Bab Kalor dan Perpindahannya Mata Pelajaran IPA BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 1 Kelas 7, Kemendikbud)

Jawaban:
c. Zat cair tertentu menguap lebih cepat dibandingkan dengan jenis zat cair yang lain.

Alasan:
Meskipun sama-sama zat cair, tetapi kemampuan menguap alkohol dan air berbeda. Alkohol lebih mudah menguap dibandingkan air. Hal ini disebabkan oleh:

1. Gaya kohesi antar partikel alkohol lebih lemah dari gaya kohesi antar partikel air, sehingga ikata antar molekulnya mudah terlepas.

2. Kalor jenis alkohol lebih kecil daripada kalor jenis air. Hal ini mengakibatkan, dengan jumlah kalor yang sama suhu alkohol lebih cepat naik dibandingkan suhu air. Karena kecepatan memuai berbanding lurus dengan suhu, maka alkohol lebih cepat memuai.

Gambar 1. Data kalor jenis berbagai zat.

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
Website: www.rofaeducationcentre.com
loading...
loading...

0 komentar: