Sunday 5 February 2017

[Kunci Jawaban] Pada saat dilakukan pemeriksaan di laboratorium, urin seorang pasien ternyata ketika diuji dengan menggunakan indikator Benedict

Pertanyaan:
5. Pada saat dilakukan pemeriksaan di laboratorium, urin seorang pasien ternyata ketika diuji dengan menggunakan indikator Benedict ternyata menunjukkan reaksi warna menjadi merah bata, dan ketika diuji dengan indikator biuret menunjukkan reaksi warna ungu. Berdasarkan hal tersebut analisislah penyakit yang dialami oleh pasien dan bagian ginjal manakah yang mengalami gangguan?

(Soal No. 5 Essay Bab Sistem Ekskresi BSE Kurikulum 2013 Semester 2 Kelas 8, Kemendikbud)

Jawaban:
Uji benedict digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya kandungan monosakarida dan gula pereduksi. Hasil positif ditunjukkan dengan perubahan warna larutan menjadi hijau, kuning, orange, atau merah bata dan muncul endapan hijau, kuning, orange atau merah bata.  Apabila urin diuji dengan uji benedict menunjukkan hasil positif dapat menjadi pertanda adanya kelainan yang biasa disebut diabetes mellitus yang disebabkan karena adanya ganguan di bagian korteks ginjal yang bertugas melakukan proses filtrasi.

Uji biuret digunakan untuk menunjukkan adanya ikatan peptida dalam suatu zat, ikatan peptida mengindikasikan adanya protein. Hasil positif ditunjukkan dengan perubahan warna larutan menjadi ungu. Urin yang menunjukan hasil positif ketika diuji dengan uji biuret menandakan adanya kelainan yang dinamakan albuminuria. Albuminuria disebabkan karenaa adanya gangguan atau kerusakan pada bagia glomerolus ginjal yang berfungsi melakukan filtrasi.

 Gambar 1. Hasil positif pada uji benedict.

Gambar 2. Hasil positif pada uji biuret ditunjukkan pada gambar di sebelah kiri (ungu).

loading...
loading...

0 komentar: