Monday 6 February 2017

[Kunci Jawaban] Sebuah pabrik terletak berdekatan dengan sungai yang mengalir melalui perumahan.

Pertanyaan:
6. Perhatikan gambar berikut!



Sebuah pabrik terletak berdekatan dengan sungai yang mengalir melalui perumahan. Pabrik ini beroperasi setiap hari. Penduduk perumahan yang terletak di sebelah timur sungai sering mengalami permasalahan iritasi pada mata mereka, sedangkan penduduk sebelah barat tidak mengalaminya. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Jelaskan!

(Soal No. 6 Essay Bab Interaksi Mahluk Hidup dengan Lingkungan BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 2 Kelas 7, Kemendikbud)

*Sebenarnya peristiwa pada soal tidak akan terjadi, limbah pabrik akan terlalrut homogen pada aliran sungai sehingga penduduk di sebalah barat maupun timur akan terkena dampak yang sama.

Jawaban:
Kemungkinan hal tersebut bisa terjadi adalah:
1. Iritasi pada mata kemungkinan bear disebabkan oleh asap dari pabrik yang terdapat di dekat daerah tersebut. Pergerakan angin menuju timur yang terlihat dari arah asap hasil pembuangan cerobong menyebabkan penduduk di sebelah timur terkena dampaknya.

2. Mungkin juga jika limbah yang dibuang ke sungai tidak tercampur homogen dan aliran limbah dibuah di sebelah timur sungai. Sehingga penduduk di sebalah timur terkena dampaknya.

Gambar 1. Ekosistem sawah.
loading...
loading...

1 komentar:

Anonymous said...

HMMM KALO LEWAT AIR KAYANYA GA MUNGKIN SOALNYA SEPERTI DI GAMPAR SUNGAI NYA ITU SATU TEMPAT JADI KALO KARENA AIR OTOMATIS DI BARAT DAN TIMUR AKAN KENA JADI KEMUNGKINAN PALING BAIK YA KARENA ANGIN