Friday 24 March 2017

[Apakah Kamu Tahu?] Bahaya Membakar Sampah

Pertanyaan
Apakah Membakar Sampah itu Berbahaya Bagi Lingkungan?

Jawaban:
Membakar sampah sepertinya sudah dianggap sebagai sebuah solusi dari menumpuknya sampah di daratan. Bahkan lebih dari itu, membakar sampah juga sudah menjadi budaya, karena masih banyak yang berpikir kalau. "Lingkungan belum bersih kalau sampahnya belu dibakar!"

Nah, ternyata selama ini anggapan itu salah nih guys. Membakar sampah bukanlah solusi, membakar sampah sebenarnya hanya memindahkan masalah di daratan ke udara atau atmosfer. Hal ini bukan hanya berlaku bagi pembakaran sampah plastik aja ya guys, tapi bagi sampah organik juga. Beberapa masalah yang ditimbulkan dari proses pembakaran sampah:

1. Sampah yang terbakar akan menghasilkan gas CO jika proses pembakarannya tidak sempurna (kekurangan oksigen), cirinya ada asap tebal dari hasil pembakaran. Gas CO ini bisa merusak lapisan ozon (O3), yaitu suatu lapisan yang melindungi bumi dari radiasi kosmik berbahaya. Bahkan walaupun pembakarannya berlangsung sempurna (cukup oksigen), maka akan dihasilkan gas CO2 yang berperan besar dalam pemanasan global. Serba salah kan guys!

2. Hasil pembakaran sampah menghasilkan sekitar 75 senyawa berbahaya. Bukan hanya di atmosfer, tanah dan perairan juga bisa tercemar oleh zat berbahaya ini. Salah satunya adalah dioksin yang dihasilkan dari pembakaran sampah plastik. Dioksin merupakan salah satu tersangka dari penyakit kanker hati. Selain dioksin, dihasilkan juga Benzopirena, yakni sejenis gas beracun yang dapat menggangu sistem kerja jantung.

3. Belum cukup sampai di sana, pembakaran sampah juga menghasilkan debu dengan ukuran partikel sangat halus, sekitar 10 mikron (sama dengan 1 meter dibagi 100.000 bagian). Partikel ini bisa berbahaya untuk sistem pernapasan, karena tidak bisa disaring oleh alat pernapasan. Bisa menyebabkan penyakit saluran pernapasan.

Lalu Bagaimana Solusinya?
Sampah plastik sebaiknya didaur ulang. Tapi sampah plastik punya batas daur ulang. Batas daur ulang yang dianjurkan, hanya dua kali. Soalnya, setiap kali didaur ulang, kandungan plastik akan terus berkurang dan semakin rapuh. disarankan dilakukan secara industri menggunakan insinerator. Sampah kering yang dibakar pada suhu 850-1.100 derajat Celsius akan menghasilkan dua pertiga megawatt per ton sampah.

Jadi, berhentilaah membakar sampah dari sekarang!

#MembakarSampah
#Sampah
#Plastik
#SebarkanPencerahan
#ROFAEducationCentre

(Klik untuk memperbesar gambar)

Jangan lupa ikuti kami:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
loading...
loading...

0 komentar: