Saturday 1 April 2017

[Apakah Kamu Tahu] Apakah Kita Bisa Melihat Massa Lalu?

Pertanyaan
Apakah Kita Bisa Melihat Massa Lalu?

Jawaban:
Ternyata kita bisa melihat massa lalu bukan hanya dengan cara mengingat mantan saja, tapi dengan cara melihat bintang di malam hari juga bisa lho guys!

Lho kok bisa? Iya bisa, ini bukan kata-kata puitis, melainkan ini merupakan sains. Bintang merupakan benda langit yang bisa memancarkan cahayanya sendiri. Bintang terdekat dengan bumi adalah matahari, memiliki jarak sekitar 180 juta Km. Cahaya dari matahari baru untuk sampai ke bumi memerlukan waktu sekitar 8 menit.

Kok cepet banget? Iya cepetlah, karena cahaya bergerak dengan kecepatan sekitar 300.000.000 meter setiap detiknya!

Lanjut ya penjelasannya, sedangkan bintang terdekat dengan bumi setelah matahari adalah Proxima Centauri berjarak sekitar 3,97 triliun tahun yang lalu. Cahaya dari Proxima Centauri memerlukan waktu sekitar 4,2 tahun cahaya untuk sampai di bumi.

Itu belum seberapa, bintang terjauh dari bumi yang saat ini diketahui (2016), berjarak sekitar 18,6 miliar tahun cahaya. Itu artinya perlu waktu 18,6 miliar tahun  untuk cahayanya sampai ke bumi. (catatan: 1 tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh oleh benda yang melaju dengan kecepatan cahaya selama 1 tahun, jadi 1 tahun cahaya sekitar 9,4 triliun Km). Menarik kan guys?

Jadi enggak usah susah-susah bikin mesin waktu untuk melihat massa lalu. Lihat aja bintang di malam hari, karena itulah masa lalu!

#Bintang
#MasaLalu
#SebarkanPencerahan 
#ROFAEducationCentre
(Klik untuk memperbesar gambar)

Jangan lupa ikuti kami:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
loading...
loading...

0 komentar: