Monday 31 July 2017

[Kunci Jawaban] Beberapa lampu dihubungkan pada sumber tegangan seperti gambar. Urutan lampu yang menyala paling terang sampai yang paling redup berdasarkan gambar adalah ....

Pertanyaan:
Beberapa lampu dihubungkan pada sumber tegangan seperti gambar.
Urutan lampu yang menyala paling terang sampai yang paling redup berdasarkan gambar adalah ....
A. L1, L3, L4, dan L2
B. L2, L3, L4, dan L1
C. L4, L2, L3, dan L1
D. L4, L1, L3, dan L2

(Soal UN IPA SMP Tahun 2016/2017, Kemendikbud)


Jawaban:
C. L4, L2, L3, dan L1

Alasan:
Terang dan redupnya nyala suatu lampu berhubungan dengan arus listrik dan hambatan yang melalui lampu tersebut. Semakin besar hambatannya maka arus listrik akan semakin kecil. 

Rangkaian pada gambar soal terdiri dari dua rangkaian, yaitu rangkaian pararel dan seri. Pertama-tama arus listrik mengalir dari sumber tagangan menuju rangkaian pararel,  arus listrik yang mengalir melalui rangkaian pararel akan terbagi menjadi tiga, semakin besar hambatan, maka arus listrik semakin kecil, dan lampu smeakin redup. Berarti dapat kita simpulkan bahwa dari yang paling terang ke redup: L2 > L3 > L1.

Selanjutnya, setelah arus listrik melalui rangkaian pararel, arus listrik akan menjalar melalui rangkaian seri L4 dengan hambatan 5 ohm. Meskipun hambatannya besar, tapi karena arus listrik yang melalui rangkaian seri merupakan gabungan dari arus listrik yang keluar dari rangkaian pararel, maka nyala lampu di L4 adalah paling terang.

Jadi jika diurutkan dari yang paling terang ke redup pada rangkaian lampu yang terdapat pada soal, berturut-turut: L4, L2, L3, L1.


Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
loading...
loading...

0 komentar: