Sunday 19 November 2017

[Kunci Jawaban] Global warming adalah salah satu isu lingkungan yang paling banyak dibicarakan beberapa tahun terakhir ini. Apakah hubungan global warming dengan penggunaan energi? Diskusikan dengan teman dan gurumu!

Pertanyaan:
Global warming adalah salah satu isu lingkungan yang paling banyak dibicarakan beberapa tahun terakhir ini. Apakah hubungan global warming dengan penggunaan energi? Diskusikan dengan teman dan gurumu!

(Soal Latihan Bab Energi dalam Sistem Kehidupan Mata Pelajaran IPA BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 1 Kelas 7, Kemendikbud)

Jawaban:
Global warming atau Pemanasan Global adalah proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Pemanasan global disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia. Pemanasan global menyebabkan naiknya permukaan air laut, meningkatnya perubahan cuaca yang ekstrem, mempengaruhi hasil pertanian, hilangnya gletser (gumpalan es di atas permukaan tanah di kutub bumi), dan punahnya berbagai jenis hewan.

Penggunaan energi yang berlebihan, salah satunya penggunaan energi fosil (bahan bakar minyak bumi) yang di luar kendali dapat mempercepat terjadinya peristiwa global warming. Hal ini terjadi karena bahan bakar minyak yang digunakan oleh kendaraan bermotor menghasilkan polusi berupa gas karbon dioksida (CO2), dan sulfur dioksida (SO2). Selain bahan bakar fosil, penggunaan AC dan kulkas juga menghasilkan klorofluorokarbon (CFC). Gas-gas tersebut di atmosfer Bumi memerangkap panas yang dipantulkan oleh permukaan bumi, hal inilah yang menyebabkan terjadinya global warming.

Gambar 1. Efek rumah kaca (klik untuk memperbesar gambar).

Gambar 2. Pemanasan global (klik untuk memperbesar gambar).

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
Website: www.rofaeducationcentre.com
loading...
loading...

0 komentar: