Sunday 19 November 2017

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

Pertanyaan:
4. Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

(Soal No. 4 Uji Kompetensi Bab Energi dalam Sistem Kehidupan Mata Pelajaran IPA BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 1 Kelas 7, Kemendikbud)

Jawaban:
Energi fosil adalah energi yang dihasilkan dari sisa-sisa jasad mahluk hidup pada zaman purba yang telah mengalami reaksi kimia selama jutaan tahun yang lalu. Contoh energi fosil adalah batu bara, gas alam dan minyak bumi. Penggunaan energi fosil harus dibatasi karena pembakaran energi fosil menghasilkan zat sisa yang berbahaya bagi mahluk hidup seperti gas karbon dioksida, karbon monoksida, dan sulfat yang dapat menyebabkan pemanasan global, efek rumah kaca, dan menyebabkan banyak penyakit. Selain itu jumlah energi fosil terbatas dan tidak dapat diperbaharui. Oleh karena itu kita harus bijaksana dalam memanfaatkanya.

Gambar 1. Kilang minyak.

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
loading...
loading...

0 komentar: