Sunday 19 November 2017

[Kunci Jawaban] Olahraga teratur tetapi tidak berlebihan baik bagi kesehatan kita.

Pertanyaan:
5. Olahraga teratur tetapi tidak berlebihan baik bagi kesehatan kita.

a. Apakah yang terjadi ketika otot sedang dilatih? Lingkari jawaban ”Ya” atau ”Tidak” pada setiap pernyataan di bawah ini.
b. Mengapa kamu harus bernapas lebih dalam ketika sedang berolahraga daripada ketika sedang beristirahat? Coba jelaskan!

c. Seseorang yang berolahraga sebelum mengonsumsi sejumlah makanan, akan merasa sangat keletihan. Mengapa hal itu terjadi? Jelaskan alasan jawabanmu!

(Soal No. 5 Uji Kompetensi Bab Energi dalam Sistem Kehidupan Mata Pelajaran IPA BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 1 Kelas 7, Kemendikbud)

Jawaban:
a. Yang terjadi ketika otot sedang dilatih
Otot menerima peningkatan suplai darah: Ya
Lemak terbentuk di otot: Tidak

b. Manusia bernapas lebih dalam ketika berolahraga karena tubuh perlu pasokan oksigen berlebih untuk melakukan proses metabolisme yang lebih aktif lagi sehingga menghasilkan energi yang lebih banyak. Hal ini terjadi karena pada saat berolahraga tubuh membutuhkan pasokan energi yang lebih banyak dari biasanya.

C. Orang yang belum makan akan merasa keletihan pada saat berolahraga, hal ini dikarenakan orang yang belum makan memiliki sedikit sumber energi yang dapat diubah menjadi energi. Pada saat berolahraga, energi yang dibutuhkan tubuh menjadi semakin banyak, akibatnya tubuh akan menggunakan cadangan glukosa yang disimpan tubuh. Pemecahan glukosa oleh tubuh menimbulkan penumpukan asam laktat yang menimbulkan nyeri dan kelelahan. 

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
loading...
loading...

0 komentar: