Wednesday 7 December 2016

[Kunci Jawaban] Bu Indra pergi ke dokter untuk melakukan pengecekan tekanan darahnya. Setelah dilakukan pengukuran tekanan darah, dokter mengatakan bahwa tekanan darah ibu Indra adalah 110/90. Jelaskan maksud dari hasil pengukuran tekanan darah tersebut! Kaitkan jawabanmu dengan tekanan darah dan kondisi pembuluh darah pada saat itu.

Pertanyaan
2. Bu Indra pergi ke dokter untuk melakukan pengecekan tekanan darahnya. Setelah dilakukan pengukuran tekanan darah, dokter mengatakan bahwa tekanan darah ibu Indra adalah 110/90. Jelaskan maksud dari hasil pengukuran tekanan darah tersebut! Kaitkan jawabanmu dengan tekanan darah dan kondisi pembuluh darah pada saat itu.

(Soal No. 2 Essay Bab Sistem Transportasi Mahluk Hidup Buku BSE Kurikulum 2013 Kemendikbud)

Jawaban:
Tekanan darah terbagi menjadi tekanan darah sistole dan diastoleSistole adalah fase dalam siklus jantung ketika kontraksi ventrikel untuk memompa darah ke dalam arteri. Diastole adalah fase rileks dari siklus jantung ketika seluruh jantung santai dan darah mengalir ke bilik atas jantung.

Tekanan darah normal manusia adalah 120/80 mmHg. Itu artinya tekanan sistole (kontraksi) 120 mmHg dan diastole (relaksasi) 80 mmHg. Apabila tekanan darah bu Indra 110/90 itu artinya tekanan sistole (kontraksi) 110 mmHg dan diastole (relaksasi) 90 mmHg. Tekanan darah 110/90 dikategorikan normal. Apabila tekanan darah di atas 140/90 itu kategorinya darah tinggi atau hipertensi, sedangkan apabila tekanan darah di bawah 90/60 dikategorikan darah rendah.

Gambar 1. Contoh hasil pengukuran tekanan darah dengan menggunakan tensimeter digital.
loading...
loading...

0 komentar: