Tuesday 7 March 2017

[HOAX] Apakah Benar Air Aqua Berbahaya?

Pertanyaan
Apakah Benar Air Aqua Berbahaya?

Jawaban:
Itulah pertanyaan yang kami dapatkan melalui direct message instagram hari ini dari salah satu follower sambil menyertakan scren shoot beritanya. Sama seperti berita hoax lainnya, di judul berita dcantukma juga permintaan "sebarkan!". Padahal patut kita ketahui, salah satu ciri dari berita hoax selalu meminta disebarkan. Tujuannya mungkin untuk membuat sensasi, menjatuhkan produk kompetitor atau menimbulkan kekacauan: Entahlah.

Berdasarkan penelusuran kami Hoax yang mengatakan air minum Aqua berbahaya sudah ada sejak tahun 2012, dimulai dari blog ini:
https://goo.gl/Z3NFb1

Lalu mulai populer di tahun 2013 dan sampai dibaca 135.000 kali di web ini:
VOA Islam (https://goo.gl/X7lYj4)

Perlu dijelaskan bahwa semua air minum mengandung flourida, dengan kadar berbeda-beda. Begitu juga dengan Aqua, yang mengadung flourida < 0,5 mg/L. Bahkan penelitian Australian Dental Jurnal menunjukkan Aqua mengandung flourida tidak lebih dari 0,3 mg/L. Batas aman flourida menurut SNI adalah 1 mg/L, sedangkan menurut WHO 1,5 mg/L. Bahkan kandungan flouurida di air zam-zam lebih besar dari air Aqua, yaitu sekitar 0,75 mg (Penelitian King Saud University).

Memang flourida berbahaya bagi tubuh dalam jumlah banyak, tapi bermanfaat bagi tubuh dalam jumlah relatif sedikit. Terutama untuk gigi.

Hoax yang sama juga terjadi pada pasta gigi yang mengandung flourida. Hoax mengatakan bahwa pasta gigi yang mengandung flourida berbahaya. Memang pasta gigi mengandung flourida dalam kadar yang relatif banyak. Tapi perlu diingat, bahwa sebenarnya pasta gigi dibuat bukan untuk dimakan, malah dilarang tertelan!

#AQUA
#FLOURIDA
#HOAX
#TurnBackHOAX  
#SebarkanPencerahan

CATATAN:
Ini rubrik baru dari ROFA Education Centre untuk membahas masalah hoax yang berkedok sains (pseudosains). Pembaca bisa ikut berpartisipasi dengan cara mengirim "Broadcast" atau informasi yang dicurigai sebagi hoax untuk kami kupas. Update seminggu sekali.

(Klik untuk memperbesar gambar)

Jangan lupa ikuti kami:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
loading...
loading...

0 komentar: