Wednesday 5 April 2017

[Kunci Jawaban] Apakah perubahan musim menimbulkan dampak bagi kehidupan di bumi? Jelaskan jawaban kalian!

Pertanyaan:
10.  Apakah perubahan musim menimbulkan dampak bagi kehidupan di bumi? Jelaskan jawaban kalian!

(Soal No. 10 Essay Bab Sistem Tata Surya dan Kehidupan di Bumi BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 2 Kelas 8, Kemendikbud)

Jawaban:
Pergantian atau perubahan musim merupakan salah satu akibat gerakan revolusi bumi. Perubahan musim ini mempunyai efek yang beragam tergantung dari posisi garis lintang bumi. Daerah tropis memiliki dua musim (kemarau dan hujan), subtropis 4 musim (semi, gugur, panas, dan dingin). Pengaruh pergantian musim ini terhadap kehidupan adalah sebagai berikut:

1. Pohon jati di daerah yang beriklim tropis akan menggugurkan daunnya pada saat musim kemarau untuk mengurangi penguapan.
2. Tanaman kunyit, dan tanaman jahe pada saat musim kering (kemarau) daunnya akan mati akan tetapi umbinya tetap saja masih hidup. Jika saat musim penghujan tiba, umbi akan mulai tumbuh kembali.
3. Pohon pisang akan merobekkan daunnya agar dapat mengurangi hempasan tiupan angin.
4. Perubahan musim juga mendorong proses migrasi hewan. Setiap musim semi, ribuan kupu-kupu bersayap lebar ini terbang ke barat menuju California dan Mexico. Sedangkan pada musim panas, kupu-kupu Monarch berekspedisi sejauh 4828 kilometer melalui AS dan Kanada.

Gambar 1. Ilustrasi perubahan musim

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
loading...
loading...

0 komentar: