Saturday 1 April 2017

[Kunci Jawaban] Dampak buruk yang dapat terjadi apabila kamu melihat peristiwa gerhana Matahari secara langsung adalah ....

Pertanyaan:
9. Dampak buruk yang dapat terjadi apabila kamu melihat peristiwa gerhana Matahari secara langsung adalah ....
A. Kulit terbakar
B. Membutakan mata
C. Badan menjadi demam
D. Terserang virus berbahaya

(Soal No. 9 PG Bab Sistem Tata Surya dan Kehidupan di Bumi BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 2 Kelas 8, Kemendikbud)

Jawaban:
B. Membutakan mata

Alasan:
Melihat langsung ke arah matahari tanpa perlindungan mata apapun sangat berbahaya karena dapat menyebabkan solar retinopathy yaitu kerusakan jaringan retina akibat terpapar sinar matahari.

Gangguan penglihatan pada solar eclipseretinopathy disebabkan karena sinar matahari (ultraviolet dan inframerah) dengan intensitas yang tinggi masuk melalui lubang pupil, kemudian difokuskan di retina. Hal ini dapat meningkatkan suhu retina hingga 10-25 derajat celcius, padahal peningkatan suhu 4 derajat celcius saja dapat mengakibatkan peningkatan radikal bebas dan kerusakan termal/fotokimia terhadap sel fotoreseptor di retina.

Saat gerhana matahari terjadi, sebagian besar sinar matahari akan tertutup oleh bulan, sehingga langit akan terlihat gelap dan menatap langsung ke arah matahari tidak akan terasa silau. Padahal dalam keadaan ini, ukuran pupil mata menjadi lebih lebar sehingga semakin banyak sinar matahari yang masuk ke dalam mata.Akibatnya, semakin besar pula kerusakan di retina. Menatap sinar matahari kurang dari satu menit saja sudah dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan. Apalagi dalam waktu yang lebih lama. 

 Gambar 1. Pupil membesar saat terjadi gerhana matahari.

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
loading...
loading...

0 komentar: