Friday 14 April 2017

[Kunci Jawaban] Jelaskan potensi energi alternatif di Indonesia dan berikan contohnya!

Pertanyaan:
5. Jelaskan potensi energi alternatif di Indonesia dan berikan contohnya!

(Soal No. 5 Essay Bab Teknologi Ramah Lingkungan BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 2 Kelas 9, Kemendikbud)

Jawaban:
Energi alternatif adalah semua energi yang dapat digunakan yang bertujuan untuk menggantikan bahan bakar konvensional minyak bumi untuk menghindari dampak kerusakan terhadap lingkungan.

Potensi energi alternatif di Indonesia sangat tinggi, tetapi masih belum dimanfaatkan secara optimal. Hal ini terjadi karena biaya untuk mengembangkan energi alternatif lebih mahal dibandingkan bahan bakar konvensional. Berikut energi alternatif yang bisa dikembangkan di Indonesia:

1. Panas Bumi (Geotermal): Indonesia merupakan pemilik energi panas bumi terbesar di dunia. Sekitar 40% energi panas bumi terdapat di Indonesia. Tapi karena letak sumber energi ini jauh dari pemukiman dan infrastruktur sehingga sulit dikembangkan.

2. Matahari (Panel Surya): Indonesia merupakan negara khatulistiwa yang diberkahi sinar matahari yang melimpah sehingga cocok untuk mengembangkan panel surya. Tetapi karena biaya panel surya sangat mahal sehingga belum bisa optimal.

3. Ombak (Gelombang Laut): Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang dikelilingi oleh lautan (2/3 dari luas wilayah Indonesia adalah lautan). Salah ssatu sumber energi yang bisa dikembangkan adalah gelombang laut. Tapi energi gelombang laaut ini masih mahal dan terkendala musim.

Gambar 1. Berbagai macam sumber energi

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
loading...
loading...

2 komentar:

belajar listrik said...

Energi angin, energi panas matahari, energi geombang air laut, energi panas bumi merupakan sumber - sumber potensi energi alternatif yang dapat dikembangkan di Indonesia

Rofa said...

Terima kasih atas tambahan informasinya.