Wednesday 5 April 2017

[Kunci Jawaban] Salah satu sinar yang diradiasikan oleh matahari adalah sinar ultraviolet. Jelaskan dampak sinar ultraviolet bagi kehidupan di bumi, khususnya manusia!

Pertanyaan:
3.  Salah satu sinar yang diradiasikan oleh matahari adalah sinar ultraviolet. Jelaskan dampak sinar ultraviolet bagi kehidupan di bumi, khususnya manusia!

(Soal No. 3 Essay Bab Sistem Tata Surya dan Kehidupan di Bumi BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 2 Kelas 8, Kemendikbud)


Jawaban:
Matahari selain memancarkan sinar tampak (400-750 nm), juga memancarkan cahaya tak nampak. Salah satunya adalah sinar UV A, UV B, dan UV C.

SINAR UV A
Sinar UV A (320- 400 nm) merupakan sinar UV yang memiliki panjang gelombang terpanjang. Meskipun energinya rendah, sinar UV ini sanggup menembus lapisan kulit sampai ke lapisan terdalam. Uniknya sinar UV ini tidak terassa panas ke kulit, Tapi, ada tapinya lho. Sinar UV A walau energinya kecil tapi intensitasnya tinggi. Terutama di wilayah tropis. Sinar UV A bisa menyebabkan kanker kulit dan kulit keriput.

SINAR UV B
Sinar UV B (290-320 nm) merupakan sinar UV yang memiliki panjang gelombang pendek, tapi berenergi tinggi. Dia tidak sampai ke lapisan terdalam kulit. Tapi dia membakar permukaan kulit (epidermis), menyebabkan kulit merah, belang, terbakar, dan menghitam.


SINAR UV C
Sinar UV C (290-100 nm) merupakan sinar UV yang memiliki panjang gelombang paling pendek, tapi berenergi paling tinggi. Sangat membakar kulit. Tapi jumlah sinar UV C yang sampai permukaan bumi jumlahnya sangat sedikit dibandingkan sinar UV A dan UV B karena berhasil terhaalang oleh lapisan ozon.


Gambar 1. Spektrum cahaya

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
loading...
loading...

0 komentar: