Tuesday 4 April 2017

[Kunci Jawaban] Uraikan berbagai fakta yang mendukung ketidakmungkinan berlangsungnya kehidupan di planet Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus!

Pertanyaan:
1.  Uraikan berbagai fakta yang mendukung ketidakmungkinan berlangsungnya kehidupan di planet Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus!

(Soal No. 1 Essay Bab Sistem Tata Surya dan Kehidupan di Bumi BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 2 Kelas 8, Kemendikbud)


Jawaban:
Berikut merupakan alasan yang melatarbelakangi mengapa planet-planet di bawah ini tidak mendukung kehidupan:

Merkurius: Tidak mempunyai atmosfer sehingga tidak perlindungan terhadap radiasi dan meteorid. Suhu terlalu panas saat siang dan terlalu dingin saat malam (-180 sampai 430 derajat Celcius).

Venus: Atmosfer Venus 96% terdiri dari karbon dioksida yang menyebabkan efek rumah kaca yang sangat besar di Venus, Tekanan atmosfer Venus 92 kali lipat lebih besar dari tekanan atmosfer Bumi, sehingga berbahaya bagi organ tubuh mahluk hidup, rata-rata suhu permukaannya sangat panas, yaitu 462 derajat Celcius.

Mars: Komposisi udara sebagian besar terdiri dari karbon dioksida,  suhu permukaan Mars berkisar antara −87 °C pada musim dingin hingga −5 °C pada musim panas.

Yupiter: Yupiter merupakan planet gas raksasa yang sebagian besar terdiri dari hidrogen dan helium, tidak memiliki permukaan padat sehingga tidak bisa ditempati mahluk hidup permukaannya.

Saturnus: Permukaan Saturnus tersusun dari gas dan cairan sehingga tidak bisa ditempati mahluk hidup. Bagian luar atmosfer Saturnus terbuat dari 96.7% hidrogen dan 3% helium, 0.2% metana dan 0.02% amonia, tidak terdapat oksigen yang mendukung kehidupan.

Uranus: Suhu rata-rata di uranus adalah -197 derajat celcius, terlalu dingin untuk mendukung kehidupan. Kecepatan angin di permukaan Uranus dapat mencapai 250 meter per detik (900 km/jam, 560 mil per jam), terlalu ekstrem untuk mahluk hidup. Uranus merupakan planet es raksasa yang kandungan utamanya hidrogen dan helium.

Neptunus: Neptunus merupakan planet es raksasa yang kandungan utamanya hidrogen dan helium. Suhu rata-rata di uranus adalah -201 derajat celcius, terlalu dingin untuk mendukung kehidupan.


Gambar 1. Anggota tata surya

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
loading...
loading...

0 komentar: