Benda-benda di alam semesta sangat bervariasi dan berbeda-beda. Bagaimana caramu mengamati perbedaan benda-benda tersebut? Mengapa kamu menjawab seperti itu? Coba jelaskan!
(Soal Berpikir Kritis Bab Klasifikasi Mahluk Hidup Mata Pelajaran IPA BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 1 Kelas 7, Kemendikbud)
(Soal Berpikir Kritis Bab Klasifikasi Mahluk Hidup Mata Pelajaran IPA BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 1 Kelas 7, Kemendikbud)
Jawaban:
Keanekaragaman benda-benda di alam semesta perlu dikelompokkan, agar benda-benda tersebut mudah untuk dipelajari dan beranfaat juga untuk tujuan praktis lainnya. Hal paling sederhana yang dapat dilakukan untuk mengelompokkan benda-benda tersebut adalah berdasarkan ciri dan sifat fisik yang dimilikinya, seperti warna, bentuk, bau, rasa, ukuran, massa benda, pola, kemagnetan, dll.
Selanjutnya pengamatan bisa dilanjutkan ke sifat kimia benda-benda tersebut, seperti mudah berkarat, mudah meledak, mudah teroksidasi, dll. Pengelompokkan ini mudah dilakukan karena bisa diamati dengan menggunakan panca indera.
Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Website: www.rofaeducationcentre.com
Selanjutnya pengamatan bisa dilanjutkan ke sifat kimia benda-benda tersebut, seperti mudah berkarat, mudah meledak, mudah teroksidasi, dll. Pengelompokkan ini mudah dilakukan karena bisa diamati dengan menggunakan panca indera.
Gambar 1. Pengelompokkan benda-benda berdasarkan perbedaan fisik merupakan cara termudah dalam klasifikasi
Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Instagram: @rofaeducationcentre
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
loading...
loading...
0 komentar:
Post a Comment