Sunday 14 May 2017

[Kunci Jawaban] Jika kamu perhatikan, rumah rayap dari hari ke hari terus bertambah besar. Dari peristiwa ini, apakah rumah rayap tersebut disebut hidup?

Pertanyaan:
3. Jika kamu perhatikan, rumah rayap dari hari ke hari terus bertambah besar. Dari peristiwa ini, apakah rumah rayap tersebut disebut hidup? Jelaskan
alasannya!

(Soal Uji Kompetensi No. 3 Bab Klasifikasi Mahluk Hidup Mata Pelajaran IPA BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 1 Kelas 7, Kemendikbud)

Jawaban:
Suatu benda dikatakan sebagai mahluk hidup jika memenuhi ciri-ciri sebagai berikut:
1. Berkembang biak
2. Makan
3. Tumbuh
4. Iritabilitas (peka terhadap rangsangan)
5. Respirasi (bernapas)
6. Eskresi (mengeluarkan zat sisa)
7. Bergerak
8. Beradaptasi

Meskipun rumah rayap tampak hidup karena bertambah besar setiap hari, tetapi sebenarnya rumah tersebut tidaklah hidup. Rumah rayap bertambah besar karena koloni rayap yang tinggal di dalam rumah rayap terus membangun rumahnya semakin besar. Hal ini dibutuhkan karena proses perkembangbiakan rayap sangat pesat, sehingga memerlukan rumah yang semakin besar. Selain itu rayap juga memperbesar rumahnya untuk dapat menjangkau sumber makanan, yaitu kayu. Hal ini terjadi karena rayap tidak tahan cahaya dan bekerja dalam kondisi gelap. Sehingga rumahnya akan dibangun di wilayah tempat dia mencari makan, agar rayap tidak terkena cahaya.

Gambar 1. Anggotaa koloni rayap.

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
Website: www.rofaeducationcentre.com
loading...
loading...

0 komentar: