Saturday 13 May 2017

[Kunci Jawaban] Mengapa ikan, sapi, katak, ayam, dan ular diletakkan pada filum yang sama, tetapi tingkatan spesies tidak sama? Coba jelaskan!

Pertanyaan:
Mengapa ikan, sapi, katak, ayam, dan ular diletakkan pada filum yang sama, tetapi tingkatan spesies tidak sama? Coba jelaskan!

(Soal Latihan Bab Klasifikasi Mahluk Hidup Mata Pelajaran IPA BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 1 Kelas 7, Kemendikbud)


Jawaban:
Pengelompokkan mahluk hidup berdasarkan aturan tertentu dinamakan dengan taksonomi. Ada 6 tingkatan taksonomi yang disebut takson. Di mana taksonomi yang lebih tinggi bersifat lebih umum dan taksonomi yang lebih rendah bersifat lebih spesifik. Urutan takson untuk hewan dimulai dari yang tertinggi menuju terendah dimulai dari kingdom - Filum - Kelas - Ordo - Familia - Genus - Spesies.

Ikan, sapi, katak, ayam, dan ular pada tingkatan takson filum dikelompokkan pdaa kelompok yang sama yaitu Chordata. Chordata merupakan kelompok hewan yang memiliki tulang belakang. Tetapi apabila kita memisahkan hewan-hewan tersebut ke dalam ciri yang lebih spesifik maka kita akan menemukan banyak perbedaan antara ikan, sapi, katak, ayam, dan ular. Oleh karena itu meskipun hewan-hewan tersebut berada pada filum yang sama, tetapi berbeda pada tingkatan spesiesnya.


Gambar 1. Contoh perbedaan tingkat taksonomi hewan. Semakin bawah tingkat taksonominya maka akan semakin spesifik perbedaannya.

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
Website: www.rofaeducationcentre.com
loading...
loading...

0 komentar: