Wednesday 10 May 2017

[Kunci Jawaban] Rumuskan besaran yang dapat digunakan untuk membedakan denyut nadi manusia dengan melibatkan besaran waktu.

Pertanyaan:
1. Rumuskan besaran yang dapat digunakan untuk membedakan denyut nadi manusia dengan melibatkan besaran waktu.
a. Berdasarkan rumusanmu, lakukan pengukuran terhadap denyut nadimu dan denyut nadi beberapa temanmu. Kemudian bandingkan.
b. Misalnya kamu berlari-lari (jogging), kemudian kamu duduk santai di bangku taman. Dari tiga kemungkinan sketsa grafik denyut nadi berikut terhadap aktivitas tersebut, manakah yang paling sesuai? Beri penjelasan.

(Soal No. 1 Essay Bab Objek IPA dan Pengamatannya Mata Pelajaran IPA BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 1 Kelas 7, Kemendikbud)


Jawaban:
Besaran yang dapat digunakan untuk membedakan denyut nadi manusia yang melibatkan waktu adalah Frekuensi denyut jantung. Frekuensi denyut jantung didapatkan dengan menggunakan rumus jumlah denyut/waktu.

a. Perbandingan denyut nadi setiap orang
Denyut nadi manusia menggambarkan pergerakan kontraksi dan relaksasinya jantung. Jumlah denyut nadi manusia tergantung dari:
1. Usia
2. Jenis kelamin
3. Aktivitas fisik
4. Berat badan
5. Suhu lingkungan
6. Konsumsi obat atau makanan
7. Keadaan emosi
8. Sikap tubuh

b. Grafik denyut nadi
Rata-rata denyut nadi per menit akan berbanding lurus dengan aktivitas manusia. Semakin berat aktivitas maka akan semakin membuat denyut nadi meningkat. Grafik yang tepat pada gambar adalah grafik a. Dimana denyut jantung seseorang akan menurun apabila aktivitasnya dikurangi.

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
Website: www.rofaeducationcentre.com
loading...
loading...

0 komentar: