Monday 29 May 2017

[Kunci Jawaban] Seorang atlet meloncat dengan berat w menekan tanah di bawahnya dengan gaya yang besarnya F dan sebagai hasilnya ia melambung ke udara.

Pertanyaan:
5.  Perhatikan gambar di bawah ini!
Seorang atlet meloncat dengan berat w menekan tanah di bawahnya dengan gaya yang besarnya F dan sebagai hasilnya ia melambung ke udara. Bagaimanakah besarnya gaya yang dikerjakan tanah terhadap atlet? Jelaskan!

(Soal No. 5 Essay Bab Gerak pada Mahluk Hidup dan Benda BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 1 Kelas 8, Kemendikbud)

Jawaban:
Gambar pada soal di atas merupakan salah satu fenomena yang dapat dijelaskan dengan menggunakan hukum III Newton, atau sering disebut juga sebagai hukum aksi-reaksi. Hukum III Newton menyatakan bahwa jika benda 1 memberikan gaya pada benda 2, maka pada saat yang sama, benda 2 memberikan gaya pada benda 1. Besar kedua gaya sama, tetapi arah kedua gaya berlawanan. Salah satu gaya disebut aksi, gaya lainnya disebut reaksi.

Pada saat atlet meloncat, gaya dorongan kaki ke tanah dinamakan sebagai gaya aksi, maka sesuai hukum III newton, akan ada "balasan" berupa gaya reaksi dari tanah ke kaki manusia, yang besar gayanya sama besar. Karena besarnya gaya reaksi yang dihasilkan besarnya melebihi berat badan atlet, maka atlet akhirnya bisa meloncat ke depan.
Gambar 1. Ilustrasi fenomena hukum III Newton

Gambar 2. Persamaan hukum III Newton

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
loading...
loading...

0 komentar: