Sunday 11 June 2017

[Kunci Jawaban] Dayu meletakkan beberapa biji kacang di piring yang diberi kapas basah. Siti juga menaruh beberapa biji kacang di piring dekat piring Dayu

Pertanyaan:
5. Dayu meletakkan beberapa biji kacang di piring yang diberi kapas basah. Siti juga menaruh beberapa biji kacang di piring dekat piring Dayu dan merendamnya dalam air. Setelah dua hari biji kacang milik Dayu berkecambah sedangkan biji kacang milik Siti tidak. Penyebab tidak tumbuhnya pada biji milik Siti adalah ....
A. Biji kacang milik Siti memperlukan lebih banyak udara
B. Biji kacang milik Siti memperlukan lebih banyak cahaya
C. Siti tidak menaruh piring di tempat yang cukup hangat
D. Siti seharusnya menggunakan jenis biji kacang yang berbeda

(Soal No. 5 PG Bab Reproduksi pada Tumbuhan dan Hewan BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 1 Kelas 9, Kemendikbud)


Jawaban:
A. Biji kacang milik Siti memperlukan lebih banyak udara

Alasan:
Pada faktanya, jika kamu mencoba melakukan percobaan seperti pada gambar di atas, maka biji kecambah yang kamu rendam juga akan tumbuh, meskipun lebih lambat, karena pada faktanya ada oksigen dan beberapa gas lainnya yang juga terlarut dalam air.

Karena kedua piring tempat tumbuh diletakkan berdekatan, maka faktor cahaya dan faktor kehangatan tidaklah berpengaruh. Sedangkan biji kacang haruslah tetap sama agar bisa dilakukan perbandingan. Jadi yang paling memungkinkan dari opsi jawaban di atas adalah opsi A.

Tahap-Tahap Proses Perkecambahan:
1. Perkecambahan diawali dengan penyerapan air dari lingkungan sekitar biji, baik tanah, udara, maupun media lainnya. Perubahan yang teramati adalah membesarnya ukuran biji yang disebut tahap imbibisi (berarti "minum"). 

2. Kehadiran air di dalam sel mengaktifkan sejumlah enzim perkecambahan awal. Fitohormon asam absisat menurun kadarnya, sementara giberelin meningkat. Perubahan pengendalian ini merangsang pembelahan sel di bagian yang aktif melakukan mitosis, seperti di bagian ujung radikula. Akibatnya ukuran radikula makin besar dan kulit atau cangkang biji terdesak dari dalam, yang pada akhirnya pecah.

3.Terjadi penguraian bahan-bahan seperti karbohidrat, lemak dan protein menjadi bentuk-bentuk yang melarut dan ditranslokasikan ke titik-titik tumbuh.

4. Asimilasi dari bahan-bahan yang telah terurai di daerah meristematik untuk menghasilkan energi  dari kegiatan pembentukan  komponen dalam pertumbuhan sel-sel  baru.

5. Pertumbuhan dari kecambah melalui proses pembelahan, pembesaran dan pembagian sel-sel pada titik-titik tumbuh, pertumbuhan kecambah ini tergantung pada persediaan makanan yang ada dalam biji.

Gambar 1. Proses perkecambahan.

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
loading...
loading...

0 komentar: