Sunday 11 June 2017

[Kunci Jawaban] Siti dan Beni mempelajari tentang tanaman. Menurut Beni berdasarkan gambar paprika tersebut, kedua paprika berbeda jenis karena berbeda warna.

Pertanyaan:
2. Perhatikan gambar berikut!

Siti dan Beni mempelajari tentang tanaman. Menurut Beni berdasarkan gambar paprika tersebut, kedua paprika berbeda jenis karena berbeda warna. Sedangkan menurut Siti kedua paprika tersebut jenisnya sama, paprika merah berwarna merah karena berumur lebih tua dan sudah matang. Menurut kamu, pendapat Siti atau Beni yang benar? Coba uraikan cara yang dapat kamu lakukan untuk membuktikan pendapat yang menurutmu benar!

(Soal No. 2 Essay Bab Reproduksi pada Tumbuhan dan Hewan BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 1 Kelas 9, Kemendikbud)

Jawaban:
Pendapat Siti yang benar. Meskipun seperti terdiri dari jenis paprika yang berbeda, paprika merah dan hijau sebenarnya berasal dari spesies yang sama. Tapi karena berbeda dalam teknik panen, maka hasilnya pun berbeda. Paprika hijau dipanen ketika belum sepenuhnya matang. Paprika merah dianggap sebagai paprika matang, karena dipetik hingga saat masa panen. Selain itu juga ada paprika kuning, paprika kuning/oranye dipanen pada tengah masa panen.

Untuk membuktikan manakah pendapat yang benar maka biji dapat ditumbuhkan dan ditunggu hingga menghasilkan paprika.

Gambar 1. Paprika yang berbeda-beda warna ini sebenarnya berasal dari spesies yang sama. Perbedaan teknik memanenlah yang menyebabkan warnanya berbeda.

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
loading...
loading...

0 komentar: