Saturday 8 July 2017

[Kunci Jawaban] Gambarlah 4 titik yang memiliki jarak yang sama terhadap garis yang melalui titik A(4, −2) dan B(−2, 6) dan tentukan koordinat dari keempat titik tersebut!

Pertanyaan:
9. Gambarlah 4 titik yang memiliki jarak yang sama terhadap garis yang melalui titik A(4, −2) dan B(−2, 6) dan tentukan koordinat dari keempat titik tersebut!

(Soal No. 9 Uji Kompetensi Bab Sistem Koordinat Buku BSE Matematika Kurikulum 2013 Semester 1 Kelas 8, Kemendikbud)


Jawaban:
Untuk membuat  4 titik pada bidang koordinat yang berjarak sama dengan terhadap garis yang melalui titik A (4, −2) dan B (−2, 6), kita tinggal membuat titik yang selisih titik x atau y-nya sama. Misalkan kita ingin membuat titik yang jaraknya sebesar 3 dari garis yang melalui titik A dan B, sehingga dihasilkan contoh jawaban seperti pada gambar di bawah ini:

Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
loading...
loading...

1 komentar:

Anonymous said...

Kalau saya rasa tidak begitu jawabannya. Kalau itu seharusnya soal seperti ini : tetntukan pasanagan titik yang mepunyai jarak yang sama terhadap sebuah garis . Kalau lihat dari posisi soal hampir di halaman belakang den latihan terakhir perlu Mathematics Skill untuk menjawabnya. Melihat soal yang ada, seharusnya ke-4 titik yang dicari semuanya mempunyai jarak yang sama terhadap garis yang telah ditentukan. Perlu pemahaman pemahaman persamaan linear, sifat persamaan linier dan aplikasi untuk memodif semua persamaa linear, tanpa mengubah kecenderungan/gradien garis.