Thursday 6 July 2017

[Kunci Jawaban] Di antara 80 orang siswa di suatu SMP didapatkan data sebagai berikut: 45 siswa menyenangi pelajaran Matematika, 40 siswa menyenangi pelajaran Bahasa Inggris, 30 siswa menyenangi pelajaran IPA

Pertanyaan:
10. Di antara 80 orang siswa di suatu SMP didapatkan data sebagai berikut: 45 siswa menyenangi pelajaran Matematika, 40 siswa menyenangi pelajaran Bahasa Inggris, 30 siswa menyenangi pelajaran IPA, 18 siswa menyenangi pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris, 15 siswa menyenangi pelajaran Matematika dan IPA, 12 siswa menyenangi pelajaran IPA dan Bahasa Inggris, 4 orang menyenangi ketiga pelajaran tersebut (Matematika, IPA, Bahasa Inggris). Berdasarkan keterangan tersebut,

a. Gambarkan diagram Venn yang menggambarkan keadaan tersebut!

b. Hitunglah banyak siswa yang:
1) menyenangi Matematika saja.
2) hanya menyenangi Bahasa Inggris.
3) hanya menyenangi IPA.
4) menyenangi Matematika tetapi tidak menyenangi IPA.
5) menyenangi Matematika tetapi tidak menyenangi Bahasa Inggris.
6) menyenangi IPA tetapi tidak menyenangi Matematika
7) menyenangi IPA tetapi tidak menyenangi Bahasa Inggris.
8) menyenangi Bahasa Inggris tetapi tidak menyenangi Matematika.
9) menyenangi Bahasa Inggris tetapi tidak menyenangi IPA.
10) tidak menyenangi ketiganya.

(Soal No. 10 Essay Bab Himpunan BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 1 Kelas 7, Kemendikbud)


Jawaban:
Diketahui:
Jumlah siswa (semesta) = nS = 80
Suka Matematika = nA = 45
Suka Bahasa Inggris = nB = 40
Suka IPA = nC = 30
Suka Matematika dan Bahasa Inggris = n∩ nB = 18
Suka Matematika dan IPA = n∩ nC = 15
Suka IPA dan Bahasa Inggris = n∩ nB =12
Suka ketiga-tiganya = n∩ nB ∩ nC = 4

Ditanya:
a. Gambarlah diagram Venn!

b. Hitunglah banyak siswa yang:
1) menyenangi Matematika saja.
2) hanya menyenangi Bahasa Inggris.
3) hanya menyenangi IPA.
4) menyenangi Matematika tetapi tidak menyenangi IPA.
5) menyenangi Matematika tetapi tidak menyenangi Bahasa Inggris.
6) menyenangi IPA tetapi tidak menyenangi Matematika
7) menyenangi IPA tetapi tidak menyenangi Bahasa Inggris.
8) menyenangi Bahasa Inggris tetapi tidak menyenangi Matematika.
9) menyenangi Bahasa Inggris tetapi tidak menyenangi IPA.
10) tidak menyenangi ketiganya.

Dijawab:
a. Gambarlah diagram Venn!

b. Hitunglah banyak siswa yang:
1) menyenangi Matematika saja.
= nA - ((n∩ nB) - (n∩ nB ∩ nC)) - ((n∩ nC) - (n∩ nB ∩ nC)) - (n∩ nB ∩ nC)
= 45 - (18 - 4) - (15 - 4) - 4
= 45 - 14 - 11 - 4
= 16 siswa

2) hanya menyenangi Bahasa Inggris.
nB - ((n∩ nB) - (n∩ nB ∩ nC)) - ((nC ∩ nB) - (n∩ nB ∩ nC)) - (n∩ nB ∩ nC)
= 40 - (18 - 4) - (12 - 4) - 4
= 40 - 14 - 8 - 4

= 14 siswa

3) hanya menyenangi IPA.
nC - ((n∩ nC) - (n∩ nB ∩ nC)) - ((nC ∩ nB) - (n∩ nB ∩ nC)) - (n∩ nB ∩ nC)
= 30 - (15 - 4) - (12 - 4) - 4
= 30 - 11 - 8 - 4


= 7 siswa

4) menyenangi Matematika tetapi tidak menyenangi IPA.
= Banyak siswa senang Matematika saja + (n∩ nB) - (n∩ nB ∩ nC)
= 16 + (18 - 4)
= 16 + 14
= 30 siswa

5) menyenangi Matematika tetapi tidak menyenangi Bahasa Inggris.
= Banyak siswa senang Matematika saja + (n∩ nC) - (n∩ nB ∩ nC)
= 16 + (15 - 4)
= 16 + 11
= 27 siswa

6) menyenangi IPA tetapi tidak menyenangi Matematika
Banyak siswa senang IPA saja + (n∩ nB) - (n∩ nB ∩ nC)
= 7 + (12 - 4)
= 7 + 8
= 15 siswa

7) menyenangi IPA tetapi tidak menyenangi Bahasa Inggris

Banyak siswa senang IPA saja + (n∩ nC) - (n∩ nB ∩ nC)

= 7 + (15 - 4)
= 7 + 11
= 18 siswa

8) menyenangi Bahasa Inggris tetapi tidak menyenangi Matematika
Banyak siswa senang B. Inggris saja + (n∩ nB) - (n∩ nB ∩ nC)

= 7 + (12 - 4)
= 14 + 8
= 22 siswa

9) menyenangi Bahasa Inggris tetapi tidak menyenangi IPA.
Banyak siswa senang B. Inggris saja + (n∩ nC) - (n∩ nB ∩ nC)


= 7 + (15 - 4)
= 14 + 11
= 18 siswa

10) tidak menyenangi ketiganya.
Perhatikan diagram Venn pada jawaban soal nomor 10a. Berdasarkan gambar tersebut kita bisa menentukan banyak siswa yang tidak menyukai ketiga pelajaran tersebut dengan cara:
= 80 - (4 + 7 + 11 + 8 + 14 + 14 + 16)
= 80 - 72
= 8 siswa
Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
loading...
loading...

0 komentar: