19. Dua bilangan jumlahnya 30. Hasil kalinya 200. Akan dicari selisihnya tanpa menghitung bilangan tersebut.
a. Nyatakan yang diketahui dalam bentuk aljabar.
b. Nyatakan yang ditanya dalam bentuk aljabar.
c. Nyatakan hubungan bentuk aljabar yang ditanya dengan bentuk aljabar yang diketahui.
(Soal No. 19 Uji Kompetensi Bab Operasi Aljabar Buku BSE Matematika Kurikulum 2013 Semester 1 Kelas 8, Kemendikbud)
a. Nyatakan yang diketahui dalam bentuk aljabar.
b. Nyatakan yang ditanya dalam bentuk aljabar.
c. Nyatakan hubungan bentuk aljabar yang ditanya dengan bentuk aljabar yang diketahui.
(Soal No. 19 Uji Kompetensi Bab Operasi Aljabar Buku BSE Matematika Kurikulum 2013 Semester 1 Kelas 8, Kemendikbud)
Jawaban:
b. Bentuk aljabar yang ditanya (selisih bilangan)
c. Hubungan bentuk aljabar yang diketahui & ditanya
b. Bentuk aljabar yang ditanya
c. Hubungan bentuk aljabar yang diketahui & ditanya
Jika kalian merasa postingan kami bermanfaat, silakan ikuti kami di:
Website: www.rofaeducationcentre.com
Diketahui:
Dua bilangan jumlahnya 30
Hasil kalinya 200
Ditanya:
a. Bentuk aljabarnya yang diketahuib. Bentuk aljabar yang ditanya (selisih bilangan)
c. Hubungan bentuk aljabar yang diketahui & ditanya
Dijawab:
a. Bentuk aljabarnya yang diketahui
Dua bilangan jumlahnya 30
= x + y = 30
Hasil kalinya 200
= xy = 200
Selisih dua bilangan
= x – y
x + y = 30
x = 30 – y
xy = 200
(30 – y)y = 200
30y – y2 = 200
y2 – 30y + 200 = 0
(y – 20) (y – 10)
Jadi kemungkinannya y = 20 atau y = 10
Jika y = 20 , maka x:
x = 30 – y
x = 30 – 20
x = 10
Selisih kedua bilangan
x – y = 20 – 10
= 10
Berdasarkan hubungan aljabar yang diketahui dan ditanyakan, kita bisa menentukan bahwa jika nilai y = 20, maka nilai x = 10, dan selisih kedua bilangan tersebut adalah 10.
Instagram: @rofaeducationcentre
Fanspage FB: @ROFAEducationCentre
Youtube Chanel: ROFA EDUCATION CENTRE
loading...
loading...
0 komentar:
Post a Comment